11 orang yang mecoba mengejar mimpi menjadi seorang dokter yang sukses

Thursday, January 5, 2012

ANESTESI UMUM


Dalam bidang kedokteran, selain dipakai untuk tindakan operatif, anestesi umum juga dipakai untuk mempermudah tindakan diagnostik maupun terapeutik khususnya yang menimbulkan rasa nyeri. Dalam tindakan diagnostik Röntgen misalnya, anestesi umum mempermudah pembuatan foto CT scan otak, arteriografi, atau MRI pada penderita yang gelisah, bayi atau anak. Anestesi umum juga dipakai untuk detoksifikasi cepat penderita kecanduan narkotik. Di rumah sakit Dr. Kariadi anestesi umum biasa dipakai pada tindakan pemasangan radium untuk terapi carsinoma cervix uteri.
Anestesi umum adalah menghilangkan rasa sakit seluruh tubuh secara sentral disertai hilangnya kesadaran yang bersifat reversible. Perbedaan dengan anestesi lokal antara lain, pada anestesi lokal hilangnya rasa sakit setempat sedang pada anestesi umum seluruh tubuh. Pada anestesi lokal yang terpengaruh syaraf perifer, sedang pada anestesi umum yang terpengaruh syaraf pusat dan pada anestesi lokal tidak terjadi kehilangan kesadaran.
Di dalam praktek obat–obat anestesi dimasukkan ke dalam tubuh melalui inhalasi, atau parental, adapula yang dimasukkan melalui rektal tetapi jarang dilakukan. Yang melalui inhalasi antara lain : N2O, halothan, enflurane, ether, isoflurane, sevoflurane, metoxiflurane, trilene.

lebih lengkap silahkan didownload