11 orang yang mecoba mengejar mimpi menjadi seorang dokter yang sukses

Thursday, January 5, 2012

MATI OTAK


Pada kondisi normal pada umumnya tidaklah terlalu sulit bagi seorang dokter untuk menentukan kematian, karena kita telah mempelajari dasar-dasar ilmu kedokteran seperti Biologi, Fisiologi dan Anatomi yang semuanya membekali kita dengan teori kehidupan dan kematian.
            Hanya pada kondisi tertentu kita tidak dapat dengan mudah menentukan kematian apalagi dengan ditemukannya alat bantu kehidupan yang sangat beragam, sedangkan disisi lain kita harus dapat memberi keputusan yang tepat karena kematian merupakan sesuatu yang sangat penting dan mempunyai implikasi luas pada berbagai hal, mulai dari kebijakan terapi, sebagai keterangan yang mempunyai kekuatan hukum dan yang penting berhubungan dengan keluarga pasien.
            Dalam tulisan ini akan dibahas secara ringkas tanda-tanda kematian, dan bagaimana menentukan mati otak, mudah-mudahan dapat digunakan sebagai bahan bacaan dasar yang diperuntukkan untuk mahasiswa Fak. Kedokteran, untuk selanjutnya dilengkapi dengan sumber kepustakaan lain untuk penyempurnaan.
lebih lengkap silahkan di download