11 orang yang mecoba mengejar mimpi menjadi seorang dokter yang sukses

Saturday, June 11, 2011

Cerita Koas- Stase I "Interna Terkiller Di Dunia"

Pada bulan Mei gw dapat pengarahan buat koas baru (biasa daun muda di dunia koas) dan deg-degan untuk pembagian stase, otak gw penuh dengan pertanyaan “akankah kesialan yang menimpa kepala gw lagi” dan taraaaaaaaaaa....temen gw ngomong “woii pembagian stase udah keluar dan gw dapat INTERNA” widihhh mampus dahhh stase pertama dapat stase gede, interna pula, trus gw fikir kaga apa2 deh kan ilmu penyakit dalam merupakan dasar ilmu di dunia kedokteran terutama untuk koas buat ngehadapi stase-stase lainnya, karena prinsip-prinsipnya cuman dikonversi sedikit untuk stase lain, tapi ada kabar yang membuat otak gw rasanya kerebus mendadak, gw dapat interna yang rumah sakitnya di pelosok terkenal paling capek, dokternya terkenal aneh, pasiennya paling banyak. Ampe kata temen-temen senior koas gw katanya disana pasien jarinya keinjak sapi aja minta rawat inap, makin ngebul dah otak gw. Gw flash back kok bisa se sial ini, perasaan gw udah cuci tangan deh, puasa senen kamis, ngaji pula, apa gw mimpi basah trus lupa mandi wajib yakkk...perasaan kaga mimpi deh tadi malam, setidaknya kaga sampai basah...hehehe....

Tibalah gw ama temen nyari kost dikota tersebut, karena saking terkenal killernya, buku kapita selekta kaga pernah lepas dari tangan gw kecuali tidur, makan, mandi, ampe nyari kost pun gw bawa tu buku...niatnya seh “prepare” tapi malah keseringan jadi bantal hehe, dan singkat cerita gw dapat kost dengan harga cukup murah dengan di isi 3 orang dikamar dengan fasilitas kamaar mandi dalam (lumayannnnnn).
Hari pertama masuk RS, jam 7 pagi gw ikut apel dengan penuh semangat, baju koas dikancing rapi dengan bed name yang kinclong karena koas baru, absen dan katanya ketemu dokter masing-masing jam 9 pagi, sambil nunggu gw keparkiran mau pergi cari makan dan ternyata gw ketemu 3 orang calon senior gw interna sono. Dengan senangnya dia ngomong “wahhh akhirnya yunior kita datang” dengan muka kayak ninja 1 orang (ketutup masker), yang 2 kucel banget dan gw yakin mereka belon mandi abis follow up pasien, gw jawab “iya mba saya koas baru interna sini” dia ngomomng “iya dee nanti ketemu dokternya yaa” sambil ngacir. Gw juga ikut ngacir nyari makan.
Jam 09.00 nunggu ni dokter...krik..krik...krik bunyi sepeda dokter datang. Dokternya tinggi, rambut belah pinggir, katanya sih sukanya ama koas cewe kecil, imut rada montok, tapi lumayan berwibawa lahhh trus kenalan dan beliau ngomong “tunggu di rudis yaaa pre test” kami jawab “ iya dok”
Dan dokter kedua ketemu, orang nya rada botak, kacamata, gembul, suaranya alusss banget, widihhh tampang surga deh, beliau cuman jawab pas kita kenalan “ udah ketemu dr yang satunya?”, kami jawab “udah dok”, trus dibales “ yaudah pretest dulu aja sana” kami balas “iya dok “, pegi dehhhh
Jam 12 dokter datang ke rudis dan pre test “ buatkan DOPS (cara melakukan pemeriksaan) besok dikumpulkan” dan gw jawab dalam hati “ gancil (gampang kecil) dok”, ehhh ternyata dokternya belum selesai ngomong, trus dokternya ngomong lagi “Buatkan Mini CEX (cara pemeriksaan beserta interprestasi sesuai diagnosis), Refleksi kasus (membahas sesuatu kasus sampai pengobatan dan edukasi) dan CBD (mengikuti harian pasien sampai pulang)....dikumpulkan rabu..ini baru test lhoooo” mampus deh, gw nangis dalam hati “ buseeeetttt dahhh ini dokter, ampun dokkkk,,, bunuh saya sekalian aja dehhh dokkk” langsung gw ama yang lain pergi ke bagsal sama senior di ajarin dikit-dikit trus buat itu tugas.
Singkat cerita tibalah hari ke 3 pengumpulan tugas, sebagian gw ngarang tugasnya, dalam hati ngomong “moga2 dokternya ngga kebangsal liat pasiennya” dan siaaaaaaaaallll dokternya ngomong “ hayukk visit sekalian liat tugas kalian di bangsal aja ke pasien langsung” mampussss dehhh.....Yaudah gw ama yang lain berangkat, abis gw di bangsal dibantai di cincang-cincang direbus ama dokternya, makian keluar semua di depan pasien pula, abis deh pokoknya. 4 hari berjalan gw niatan minta cuti....parah itu dokter, ternyata beliau yang di gembar gemborkan temen-temen koas yang lain yang paling galak dan aneh, tapi dengan dibantu semangat teman-teman yang lain gw ngga jadi cuti dan menjalani koas apa adanya, makian cacian tiap hari menghampiri telinga gw sampai-sampai tebal neh teliga gw kalo bisa keluar busa ne telinga keluar busa dehhh.
Hari pertama gw jaga, semangat menggebu (biasa koas baru rada lebay) lengakp dengan peralatan perang koas interna, tensi, stetoskop, termometer, pulpen semua ada ditangan, dengan rapi gw berangkat ke UGD, duduk disana menanti pasien. Ngga berapa lama gw kedatangan pasien 1 orang dengan penurunan kesadaran masuk UGD, bingung gw mau ngapain, dalam hati ngomong “mampus dehh....ini mau diapain yak?, diperiksa apanya? Tanya-tanya aja deh dulu” untung ada senior yang ngajarin, akhirnya pasien selesai dan gw banyak belajar disana, tentang skil-skill kayak masang infus, kateter dan lain-lain (lumayan ilmu baru) selanjutnya yaa gw udah terbiasa jaga di UGD dengan ritual pemeriksaan-pemeriksaannya.
Selanjutnya pasien bangsal pada saat pagi hari, pasien dengan penurunan kesadaran, gw liat sih diagnosis nya meningitis, pikir gw “wahh pasien raber nih (rawat bersama) antara syaraf dan interna” gw disuruh bantu pasang NGT (Nasogastric Tube) karena koas pertama gw bingung, kalo teori sih udah lancar, prakteknya widihh serem. Dengan PD ditemani perawat senior gw bantu pasang, ampun dehh karena pasiennya ngga sadar masangnya susah banget, coba lagi dan lagi, alhasil berhasil “horeeee” sukses. Di cek semuanya “sepertinya bagus, sipp deh”, pulang lah gw ke kosan dengan penuh cerita pengalaman baru, pas besok pagi, gw dapat kabar pasien yang gw pasang NGT kemaren udah pindah, bukan pindah ruangan tapi pindah alam, “mampus deh gw, apa gara-gara kemaren” pikir gw. Cek dan dikroscek ada hubungannya dikit sehh, ntah dikerjaen perawat ato emang bener dibilangin “kemaren mas selangnya ngga pas” itu kata perawat yang nemenin gw masang. tapi gw yakin bener bahwa itu udah pas, orang pindah alamnya nya aja sore hari padahal masangnya pagi “kalo salah kan meninggalnya pasti pagi, mentok-mentok siang lah” tapi tetep aja gw keringat dingin, deg-degan karena itu pengalaman pertama gw.
Beberapa hari dibangsal gw ketemu dengan pasien dengan namanya Tn.Mono 19 tahun, terkenal dengan premannya daerah sini badan banyak tato, dengan keluhan sesak, kaki bengkak, nyeri dada dan sering berdebar, fikiran gw “wahh decomp. Cordis (gangguan jantung)”, gw periksa deh, kaget setengah mati gw pasiennya galak banget, gw tanya “keluhannya apa mas?” dan tau jawabnya apa “yaa sakit donk dok!! Gimana seh pake nanya”, trus gw ngomong dalam hati “ya iya lah nanya, masa gw SMS lu nanyain keluhannya apa??, galakk amat ni orang”, gw tensi 200/20mmhg “gila baru nemu neh manusia dengan tensi segini, ajaib!!”usut punya usut ternyata beliau yang bernama Mono ini seorang peminum tuak selama 12 tahun “pantesan ni pasien punya keadaan tubuh yang aneh” ternyata dia menderita gagal ginjal kronik, gagal jantung dan radang sendi. Setelah beberapa minggu dirawat dan gw follow up tiap subuh dengan caci-maki yang ber aneka ragam hinggap di telinga gw akhirnya sang manusia ajaib ini terjadi perbaikan kondisi dan boleh pulang hari ini “alhamdulillah, orang galak ilang satu” batin gw. Tapiiiiii dia kok kayaknya mau nyamperin gw yahh, “mampus nihh, kayaknya bakal nabok gw karena gw ubrek-ubrek badannya tiap follow up” udah siap kuda-kuda ternyata dia ngomong “terimakasih yaa dok, saya udah dirawat disini dengan baik, saya minta maaf bila kata-kata saya kasar selama disini, terimakasih yaa dok”. Glek..nelen ludah gw, ini orang salah minum obat apa yakk tadi pagi?? Kok bisa ngomong gini., trus gw jawab “iya mas sama-sama, jaga kesehatannya, jangan sering minum-minum lagi” trus mono menjawab “sipp dok”.
Beraneka ragam bentuk, keadaan, sifat dari gangguan jiwa sampai yang pura-pura sakit pun ada, tapi yang gw heran hampir tiap malam di rumah sakit kedatangan Bus kota, Truk yang penuh dengan orang, usut-punya usut ternyata mereka adalah masyarakat desa yang pengen jenguk salah satu warganya yang sakit, “buseeeettt dahhh banyak amat yang jenguk, sampai pakai truk dan bus segala, mau jenguk apa mau tamasya buuuuuu” batin gw, tapi gw semakin terbiasa kedepannya liat masyarakat yang pengen jenguk orang sakit kayak mau tamasya.
1 bulan gw disana rasanya neraka makin deket kecuali hari sabtu dokternya visit jam 6 pagi.. “ horeeee merdeka dokternya ilang, huaaaa rasanya pengen bawa balon trus gw pecahin di bangsal biar jantungan semua pasiennya saking gembiranya gw” tinggal nunggu dokter yang satunya biasa visit jam 10 pagi. Hari senin setelah 1 bulan berjalan, gw jadi senior hari ini...hore 6 orang yunior datang, “aseeeekkk bebas jaga malam”. Giliran yunior deh dibantai dokternya,,, hahahahahaha,....yuhuuuuuu.
Berjalan waktu akhirnya gw selesai disini, sumpah koas yang melelahkan mental, dari dimarahin, dikasih alamat rumah kosong, disuruh nunggu di depan rumah dokternya sampai jam 1 malam (mending kalo ditemuin, disuruh tungguin dokternya tidur dulu), diajarin jurnal tentang reikarnasi (apaaannnn nehhh kaga ngarti sama sekali), tentang vegetarian bla bla bla, dan kata-kata tu dokter yang paling gw inget “ saya pernah lho jadi wanita di kehidupan sebelumnya (gUbRAaaaaaakkkkk, huaaa seremmm) lengkap dehhh... tapi semua selesai setelah 2 bulan penuh tangis darah. “horeee balik kesemarang”.
Kenangan Koas Interna gw

4 comments:

dinimasturina said...

mantap bener bg;)

Unknown said...

wahh... seru bgt yahh..^^ seneng cara kamu cerita,lucuu bener,sumpah

sholehmuhsin said...

haha mantep mas ceritanya, serem tapi lucu haha....

doakan mas saya juga mau pertama kali masuk koas stase dalam ni mas...

genkgonk community said...

sukses all semuanya