11 orang yang mecoba mengejar mimpi menjadi seorang dokter yang sukses

Thursday, July 12, 2012

FORENSIK dan Tenis Meja

Dari namanya aja udah kebayang kan.....bukan makanan lho yak tapi yahh berbau tentang hukum begitulah...seputar identifikasi mayat, visum idup visum mati dan sodara-sodaranya....

Masuk ke cerita....waktu gw mulai masuk ke stase ini fikiran gw “jangan ada orang mati dibunuh, diperkosa, dan sejenisnya dah” hari pertama gw masuk, dandan rapi,...biasa baju hem, celana kain, sepatu fantopel bawa buku seadanya beserta otak yang alakadarnya...datanglah ane jam 8 kurang dengan naek motor andalan menuju parkiran pegawai,...sesudah sampai “krik.....krik...krik....hehhh sepi amat yak” mana temen-temen koas yang lain....saking bingungnya ane jalan-jalan dilorong dan sampailah di KANTIN...*tempat favorit....ngga lama tuh datang anak-anak koas yang laen kalo gak salah ada 25 orang tuh...”perut kenyang hati senang” setelah makan dikantin mari menuju ruangan pertemuan...ternyata hari pertama cuman perkenalan ruangan....”ini freezer mayat, ini ruang otopsi,ini bla...bla...bla....” dan yang paling menarik disana ada meja tenis meja.....asikkk...ada kerjaan....hhahahhaah

Hari-hari selanjut yaa begitu....dikasih teori-teori tentang forensik banyak banget dehh...gak ane sebutin atu-atu yak....ampe besok gak kelar....biasanya sambil nunggu mayat yang mau divisum kita dikasih teori-teori nanti kalo mayat datang langsung action....selain teori-teori kita juga main tennis meja...malah banyak main tenis mejanya ketimbang ane dapat teori,,,,yahh teori dapat sehat juga dapat,...jadi tiap hari bawa baju ganti biar kalo keringetan bisa ganti baju dah.....


Setelah minggu pertama-kedua kok kaga ada mayat yak....(bukan ngarepin orang cepet mati gak wajar lhoo yak)...tapi yaaaa “dikiiittt ngarep ”hehehe biar ilmunya bisa dipake, terjadilah percakapan pada saat gw berangkat koas bersama temen 1 grup gw si ipank, “pank kok sepi amat yak 2 minggu ini kaga ada otopsi” itu sambil dijalan, gak sengaja liat mayat kucing mati dijalan “apa kucing ini aja yak kita otopsi,,,hahahaha” jangan berfikir kita ngutak ngutik mayat kucing yak...kita berperikehewanan kok.....dan sampailah kita ke RS Bhayangkara, main tenis meja sebentar, ehh ada ambulan datang...rada-rada girang penasaran gmn gitu akhirnya kata-kata yang ditunggu datang “Otopsi”....”asik” batin gw.....semangat 45 ane bantu dah tuh ngangkat tuh mayat ke ruangan otopsi yang dibungkus plastik mayat....buset berat amat yakkk....akhirnya sampai diruang otopsi...ada keterangan deh mayat bapak-bapak gelandangan meninggal dipinggir jalan...sambil di periksa tuh mayat, dibuka bajunya diliat apa aja yang dibawanya...dan saya menemukan satu hal yang bikin sakit hati...yaitu DUIT....buset ini duit dikantongnya banyak amat...walopun sebagian receh tapi jumlahnya tau 400rb++ (pastinya gak inget)....batin gw “pakk.....akhir bulan gini masih banyak aja uang dikantong...miris nihhh liat dompet”.....lanjut otopsi...ternyata gak jadi otopsi bos....cuman visum luar,,,,..yahhh lumayan mengobatin hati gw yang retak akibat meliat uang bapaknya yang banyak pada akhir bulan*LEBAY...hehehe

Minggu yang sama ada otopsi di ambarawa mayat bayi.,,,,ane gak ikut....kocokan grup soalnya...kan gak mungkin banyak-banyak yang otopsi....ntar kalo ikut semua malah dikira mau demo lagi...., kebetulan juga ane kan suka mabok perjalanan kalo naik mobil kecuali supir..yahh nasib jadi supir terus-terusan.... ane ikut yang di jepara tuh mayat mutilasi....cuman lengan kanan-kiri, dan tungkai,....denger-denger sih ini kasus udah kependem  2 minggu di sungai...woww bayangin dah tangan lu direndam 2 jam  di aer udah keriput apalagi ini 2 minggu, dan berangkatlah ane ke jepara....taraaa...mayat udah menunggu disana, dibersihin dan  teridentifikasi mayat cewek..trusss......”krik...krik...krikk....”yaa cuman bisa identifikasi gitu doank sobb....soalnya ini cuman organ tubuh aja yang diidentifikasi dan akhirnya di check DNA disana...lumayan lah pada saat itu ilmu banyak yang dipake....ada acara ngukur-ngukur belatung juga lho......itu buat tau perkiraan waktu kematianya sob.... pulang lah kesemarang sambil makan es kelapa muda....hihihi....

Beberapa hari kemudian.....OTOPSI ULANG....batin gw “otopsi ulang???apanya yang di otopsi ulang...”ohh ternyata yang mutilasi kemaren itu lho...mau di ukur panjang tulang, sumsum dan tendon nya buat diteliti lagi (cari di mbah google kalo gak ngerti), dibukalah dari freezer....”buset ini wanginyaaaaaa (majas ironi).....”persiapan pake masker 2 lapis, handscoon 3 lapis....itu ajah masih banyak yang KO....dari 25 orang yang awalnya foto-foto tinggal 7-10 orang yang ngerjain ampe selesai termasuk gw..”zzzzzzz...kemane tuhh yang lain”....akhirnya berasa tukang daging disana itu mayat udah mulai ijo berlendir dan belatungnya tuhh kayanya ngejek banget,,..dan tau efeknya,,,,, 1 minggu ane gak makan daging....keinget terus.....T.T....dan setelah sebulan...forensik gw selesai horeee dapat nilai A...
kenangan ane forensik